Selasa, 17 Agustus 2010

Guideline Marketing Call dalam melakukan kerjasama sponsorship dengan suatu perusahaan

Berikut ini merupakan panduan bagi teman-teman HPD pada suata kegiatan acara yang melaksanakan kerjasama dengan sponsorsi untuk melakukan Marketing Call (MarCall). Marcall sebaiknya dilakukan antara pukul 09.00 s.d 11.00 & 13.30 s.d 16.30 . Dalam berkomunikasi dengan pihak media partner, HPD harus melaksanakan hal-hal penting yang ada pada lembar terakhir Guideline MarCall ini.


Ket : kalimat yang pakai tanda kurung tidak perlu disampaikan apabila tidak diperlukan.
O : Operator Perusahaan
H: HPD
M: Media Partner (pihak promosi perusahaan)

1.
O: Halo, selamat pagi dengan harian X, bisa dibantu?
H: Selamat pagi, Pak. Saya Angelina Jollie dari Fakultas Ekonomi UNJ. Saya ingin menawarkan kerjasama media partner dengan harian X. Bisa disambungkan dengan bagian promosi?
(kira-kira bisa disambungkan dengan siapa ya, Pak?)
O: Baik, harap menunggu…..
2.
M: Halo
H: Selamat pagi, Pak. Saya Angelina Jollie dari Fakultas Ekonomi UNJ. Saya ingin menawarkan kerjasama media partner dengan harian X.
M: Untuk acara apa ya, Mbak?
H: Acara EA EXPO, Pak. Ini adalah rangkaian acara dimana didalamnya terdapat pertandingan olahraga, lomba cerdas-cermat, seminar islam, dan bazaar untuk para mahasiswi jurusan EA FE UNJ dan siswa siswi SMA.
M: Kapan ya acaranya?
H: minggu ketiga dan keempat bulan april, serta mingu kedua dan ketiga bulan mei 2010, Pak.
M: Dikirim aja mbak proposalnya…
H: Bisa lewat email, Pak? (kalo bisa, lanjut ke nomor 3, kalo ngga bisa langsung ke nomor 4)

3.
M: Bisa, kirim saja ke email __________
H: Baik, saya ulangi ya, Pak. __________
M: Benar…
4.
M: Yah, maaf Mbak. Kapasitas email saya yang dari perusahaan dibatasi. Kalo dikirim langsung aja bisa ga Mbak?
H: Kalau lewat fax, bisa Pak?
• M: Ga bisa (lanjut ke nomor 5)
• M: Bisa, ke 12345678
H: Saya ulangi, ya Pak. 12345678
M: Ya, betul. (lanjut ke nomor 6)

5.
H: Kalau via pos, kemana ya Pak?
M: Ke Jl.AbaMama no.6 (Kalau perlu cari alamat lengkapnya di internet)
6.
H: Baik, Pak. Akan saya kirim dengan segera. Boleh tau nama lengkap Bapak?
M: Subekti Agustiantoro
H: Baik, Bapak Subekti Agustiantoro bagian promosi harian X ya Pak….
M: Iya, betul Mbak.
H: Boleh tau nomor HP Bapak? Agar nanti saya lebih mudah untuk menghubungi Bapak.
M: Boleh, 085577676676
H: Saya ulangi ya Pak, 085577676676. Kira-kira kapan saya bisa follow up ya Pak?
M: 2 hari lagi ya Mbak.
H: Baik Pak, 2 hari lagi saya telvon ya Pak. Kira-kira sekitar pukul berapa?
M: Pagi aja deh, Mbak sekitar jam 9.
H: Baik, Pak. Kami tunggu kabar baik dari Bapak. Terima Kasih.
M: Oke, sama-sama

7. (FOLLOW UP)
2 hari kemudian
H: Halo selamat pagi, dengan Bapak Subekti Agustiantoro?
M: Iya, betul
H: Bapak, saya Angelina Jollie dari Fakultas Ekonomi UNJ yang tempo hari menawarkan kerjasama media partner untuk acaraEA EXPO. Tanggapan Harian X bagaimana, Pak?

8. (kalau diterima)
M: Acaranya menarik nih mbak, kita mau jadi media partner.
H: Baik, Pak. Terima Kasih. Kapan saya bisa dating untuk persentasi (*MoU), Pak?
M: Besok bisa, Mbak? Mbak datang ke kantor kita aja sebelum jam makan siang.
H: Baik, Pak. Boleh minta disiapkan softcopy logo harian X? (softcopy logo tsb untuk dicantumkan ke poster,dll)
M: Bisa, Mbak.
H: Baik, Pak. Besok kira-kira jam10 saya akan datang ke kantor harian X.
Terima kasih, ya Pak.
9. (kalau ditolak, Jangan Menyerah, terus Semangat!)
M: Maaf Mbak, kayanya kita belum bisa bekerjasama.
H: Kalau boleh tau kenapa ya,Pak?
M: Acara kita di bulan April udah penuh. Ungkin next time kita bisa bekerja sama. Kalau ada acara-acara lain kirim aja proposalnya..
H: Baik, Pak. Mungkin lain kali kita bisa bekerjasama. Terima Kasih, Selamat Siang.


Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam melakukan Marketing Call, antara lain:
- Nada bicara harus sopan,santun dan manis.
- Waktu menjelaskan kegiatan acara bersangkutan, HPD harus benar-benar menjual acara tersebut.
- Kalau ditolak, jangan cepat demotivasi. Kalian masih punya media partner lain yang mau kerjasama dengan kalian!!
- Mental harus tangguh, sering banget ada media partner yang menunda-nunda jadi kita harus tetap gigih menelpon.
- Setelah menghubungi media partner 1, lanjut lagi menghubungi media partner lain dengan gesit, gigih, jangan lamban dan penuh SEMANGAT! Luangkan waktu demi kesuksesan acara tersebut!
- Jam Markcall yang efektif adalah jam 9-11 pagi. Tapi, kalo terpaksa, jam 14-17 juga boleh.
- Nomor telepon yang salah jangan jadi hambatan. Telepon 108.

8 komentar:

Anonim mengatakan...

wah bermanfaat sekali, terima kasih ^^

Ummi Bunayatul Azrah mengatakan...

Kakak, kalau mau meminta danan atau sebagai pihak sponsor stepnya sama juga ya?:)

Unknown mengatakan...

bermanfaat banget. thank you

Anonim mengatakan...

Terima Kasih Kak atas informasinya. Sukses Selalu

Dhimas Wicaksana Adrian mengatakan...

keren bangeeet,,

yudinurmuhamad mengatakan...

weh ea fe, gud job deh!

Unknown mengatakan...

sangat membantu

Rahma Swari Ramadhani mengatakan...

makasih ya kak

Posting Komentar

Setelah kamu baca, tolong beri komentar ya ^_^ trims...