Minggu, 17 Oktober 2010

Kemauan Keras

Apakah kemauan itu? Mengapa kemauan sangat diperlukan dalam kehidupan? Mengapa kemauan juga harus ada dalam diri setiap manusia? Inilah poin-poin penting yang harus diketahui dan dimengerti oleh setiap manusia agar memiliki sikap kemauan keras dan mengaplikasikannya dalam kehidupan positif sehari-hari.


Kemauan ibarat sebuah mesin dalam sebuah kendaraan yang menggerakan kendaraan tersebut untuk dapat beraktifitas. Mesin merupakan sebuah perangkat yang terdiri dari banyak komponen. Komponen-komponen itu saling bekerjasama dan saling mendukung sehingga menimbulkan tenaga besar. Seperti yang kita ketahui, tanpa mesin, kendaraan tersebut tidak akan bergerak sesuai fungsi utamanya sebagai alat mobilisasi dari suatu tempat ke tempat lain.

Sama halnya dengan manusia, kemauan dapat menggerakan segala aktivitas diri. Jika seseorang ingin makan karena lapar, cukupkan dengan berdiam sambil menunggu ada orang yang datang membawakan makanan? Jika seseorang ingin memiliki penghasilan yang baik, cukupkah dengan duduk di rumah menunggu ada orang yang datang membawakan pekerjaan? Jawabannya tentu tidak! Sekedar ingin makan berarti orang tersebut baru sampai pada tahap “mau”, dan itu tidak berarti apa-apa, dia baru akan bermanfaat jika “mau”-nya berubah menjadi “kemauan” yang berbentuk tindakan nyata untuk mewujudkannya. Setiap kegiatan dan usaha yang akan kita lakukan memerlukan sebuah kemauan yang kuat, agar rencana dan gagasan tadi dapat terealisasi.

Kemauan harus ada dalam diri kita, kalau kita benar-benar sudah bulat untuk melakukan suatu usaha. Perlu diingat! Dalam memulai suatu usaha, sangat dibutuhkan kemauan yang kuat. Kemampuan adalah nomor dua, yang paling utama adalah kemauan. Apabila seseorang sudah memiliki kemauan dengan sungguh-sungguh, maka jalan untuk memiliki kemampuan pun akan terbuka. Jangan mengatakan “tidak bisa” sementara orang tersebut belum mencoba sama sekali atau sudah mencoba namun hanya setengah-setengah. Inilah kekurangan yang paling menonjol dan paling sering muncul pada diri manusia. Bila kita ingin maju, jangan sekali-kali berkata “tidak bisa”, yang ada dipikiran kita haruslah “SAYA BISA” karena kita diberi kemampuan yang luar biasa yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Pencipta, namun seringkali kita belum menyadarinya.

Seperti kata seorang motivator, Pak Badullah, “Kepercayaan pada diri sendiri, ketangkasan untuk mengambil keputusan dan fikiran yang sehat untuk bertindak, dapat memberikan lebih banyak kemajuan dari pada kepandaian.” Dengan demikian, sugesti yang kuat harus ditanamkan dulu pada diri sendiri, bahwa “SAYA BISA” dan dengan kemauan keras ini, segala rintangan dan keterbatasan pasti akan dapat teratasi dengan baik.

Daya kemauan akan dapat mengubah segalanya dalam kehidupan seseorang. Jika kemauan lemah, maka daya juangnya juga lemah, namun jika kemauan tinggi dan keras, maka seseorang akan berusaha dengan optimal dan sungguh-sungguh. Setiap usaha yang kita rintis membutuhkan kemauan dari dalam diri kita sendiri. Mulailah dari sekarang agar segala hal yang kita cita-citakan dapat menjadi kenyataan.

Referensi: "Menumbuhkan Jiwa Wirausaha" oleh Drs. Akhmad Kardimin, M.Hum

1 komentar:

Dewi Aja mengatakan...

aku beremauan keras.

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Posting Komentar

Setelah kamu baca, tolong beri komentar ya ^_^ trims...