Minggu, 17 Oktober 2010

Bekerja Keras

Bekerja keras meupakan bentuk usaha sungguh-sungguh dengan segala kemampuan seseorang secara optimal. Yang dimaksud disini bukan berarti kita menyiksa diri sehingga kita tertekan atau depresi maupun memforsir diri, namun kita memberdayakan segala kemampuan yang kita miliki untuk mencapai prestasi puncak. Bekerja keras juga dapat diartikan sebagai cara atau jalan menuju cita-cita dimana cita-cita itu diibaratkan sebagai puncak gunung yang jauh nan tinggi, yang memerlukan suatu sikap dan mental yang kokoh untuk mencapainya. Dalam mendaki gunung, apabila tidak hati-hati dan waspada serta cermat dalam mengambil langkah maka bisa saja kita tergelincir, begitupun dengan perjalanan hidup. Maka dari itu, bekerja keras sangat diperlukan apabila kita benar-benar memiliki kemauan meraih cita-cita.


Tentu setiap manusia pasti ingin sukses. Ingin saja tidak cukup! Tidak akan berarti apa-apa apabila kita tidak berusaha dalam mencapai kesuksesan. Waktu juga terus berjalan, mau sampai kapan kita terus-menerus merenung dan mengkhayal agar kesuksesan itu menjadi kenyataan. Usaha namun disertai dengan sikap bermalas-malasan sama saja dengan orang yang menyia-nyiakan waktu. Bekerjalah dengan keras dan bersungguh-sungguh, serta fokus sampai kesuksesan itu menyertaimu.

Kita dapat melihat kondisi Negara kita tercinta, Republik Indonesia. Dengan kekayaan alam yang melimpah, letak Negara yang sangat strategis, dan iklim yang aman dan nyaman, banyak hal yang dapat dikembangkan di Indonesia. Semestinya Indonesia dapat lebih unggul dibanding negara-negara yang memiliki potensi alam negara yang kurang mendukung. Namun, ternyata potensi alam saja tidak cukup. Faktor etos kerja bangsa juga sangat penting agar Negara Indonesia benar-benar dapat lebih unggul dibanding dengan negara lainnya, minimal dapat disejajarkan dengan negara-negara maju. Kesuksesan bangsa Indonesia jadi terhambat karena rakyatnya banyak yang bermalas-malasan dan tidak produktif.

Begitupun dengan diri kita sendiri. Jadikanlah budaya bekerja keras sebagai bagian dari hidup kita. Hilangkanlah rasa ragu dan bimbang! Bekerja keras akan membuat seseorang menjadi maju dan memenangkan kompetisi global ini. Seperti dalam firman Allah yang terkandung dalan QS.9:105,”Bekerjalah kamu, niscaya Allah akan melihat hasil kerjamu.” Begitupun dengan perkataan Sahabat Rasulullah SAW,”Bekerjalah kamu seolah-olah kamu akan hidup terus dan beribadahlah kamu seakan kamu akan mati besok (Do you work as if you live forever and do you pray as if you would die tomorrow).” Lalu tunggu apa lagi? Apa yang menghambatmu untuk bekerja keras? Sungguh merugi orang-orang yang menghabiskan waktu dengan hal yang tidak produktif. Jika belum terbiasa untuk bekerja dengan sungguh-sungguh, maka latihlah dirimu dan lakukan mulai dari sekarang. Jangan khawatir tentang sesuatu yang akan terjadi. Jangan kotori pikiranmu dengan pandangan negatif yang akan merugikanmu.

Sukses bukanlah sebuah impian. Sukses dapat menjadi kenyataan. Perjuangkan kesuksesanmu agar menjadi nyata. Jadikanlah “kerja keras” menjadi suatu budaya dalam hidupmu.

Referensi: "Menumbuhkan Jiwa Wirausaha" oleh Drs. Akhmad Kardimin, M.Hum.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Setelah kamu baca, tolong beri komentar ya ^_^ trims...